« »

Selasa, 11 Oktober 2011

APLIKASI SECOND LIFE - 3D VIRTUAL MEETING PADA GROUP DECISION SUPPORTING SYSTEM

APLIKASI SECOND LIFE - 3D VIRTUAL MEETING PADA GROUP DECISION SUPPORTING SYSTEM




















1. REVOLUSI GROUP DECISION SUPPORTING SYSTEM DI DUNIA BISNIS

Tahukah Anda bahwasanya, high level managers bisa menghabiskan 80% dari waktu kerjanya untuk membuat keputusan di dalam group. Pertemuan beberapa manajer memakan biaya hingga US $ 1000 per jam. Nilai ini menjadi masalah bila dikalikan dengan jumlah rapat yang diselenggarakan oleh perusahaan misalnya lebih dari 11 juta pertemuan resmi per hari di Amerika Serikat .(Panko, 2008).
Banyak keputusan besar organisasi yang dibuat oleh kelompok (group). Sayangnya, mengumpulkan suatu kelompok secara bersama-sama dalam suatu tempat pada suatu waktu adalah pekerjaan yang sulit dan mahal, apalagi untuk perusahaan MNC. Aplikasi GDSS yang tepat dapat mengurangi biaya dan waktu; menghilangkan batasan geografis serta mempercepat pengambilan keputusan . GDSS menyediakan hardware, software, databases serta prosedur yang efektif dan efisien dalam pengambilan keputusan. GDSS memberikan dukungan pada pemecahan masalah dengan menyediakan suatu pengaturan yang mendukung komunikasi bagi anggota yang tergabung dalam kelompok . Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat batasan itu menjadi teratasi,, seperti e-mail, Video Chatting, Telkom teleconference. Dan, salah satu teknologi yang mutahir tahun 2011 adalah Second Life- 3D virtual meeting .

2. SECOND LIFE : SAATNYA AVATAR BERAKSI DALAM 3D VIRTUAL MEETING
Virtual meeting adalah rapat secara virtual dimana masing-masing anggota rapat tidak harus bertatap muka dalam suatu ruangan rapat tetapi dapat digantikan second life berupa avatar dari setiap eksekutif perusahaan. Pada aplikasi virtual meeting ini, dibuat sebuah website dimana pada halaman awal peserta rapat melakukan authentifikasi dengan memasukkan username, password. Setelah user berhasil login maka user dapat melakukan beberapa akses antara lain streaming, chatting, whiteboard dan PPT online.
Perusahaan dapat melakukan outsourcing dalam hal fasilitator meeting ini. Group Support system yang terkenal adalah The Alpine Executive Center dan Advanced Meeting Venue . Teknologi ini terbilang sangat baru dan canggih, telah diterapkan di Switzerland, Hongkong dan San Fransisco.
Avatar yang ada , dapat mewakili manajer dalam sebuah pertemuan yang virtual di dunia maya. Teknologi 3D ini dilengkapi dengan ekspresi wajah yang maksimal, presentasi bahan meeting yang imajinatif, dan suara yang jernih. Teknologi ini wujud imajinasi luar biasa yang telah terealisir.
Alpine Executive Center yang terletak di Pulau Meeting Support dalam SecondLife telah dikembangkan dengan GDSS yang imajinatif. Dalam sebuah desa ski alpine, dikelilingi oleh salju yang tertutup gunung ,terletak sebuah fasilitas pertemuan dimana kegiatan real dunia berlangsung dalam lingkungan virtual. Sebuah auditorium mendukung kelompok-kelompok besar di pleno untuk presentasi dan moderator diskusi. Sejumlah fasilitas tambahan ada untuk mendukung kelompok-kelompok. Bukan itu saja, program ini juga menghadirkan rekreasi virtual, sehingga avatar antar peserta rapat dapat berkomunikasi. Lebih dari 2500 pengunjung setiap bulannya mengadakan meeting, eksplorasi, sosialisasi dan menikmati pemandangan . The Alpine Executive Center telah menjadi fasilitator GDSS berbasis second life yang terkenal di Benua Eropa.
3. PLUS MINUS 3D VIRTUAL MEETING
Teknologi GDSS yang canggih ini akan dapat menjadi alternatif dalam membuat sebuah keputusan di negara Indonesia di masa depan. Proses pembelajaran hanya 60 detik, tidak ada fasilitas hardware yang khusus, distribusi kolaborasi tim yang solid dan suasana meeting yang real, merupakan competitive advantage atas teknologi. Perusahaan dapat menghemat biaya transportasi pesawat, penginapan, konsumsi dan waktu para pengambil keputusan.
Tetapi , menurut pandangan penulis, program ini masih memiliki berbagai resiko yaitu resiko pertemuan yang batal karena misscommunication jadwal, ketergantungan yang tinggi terhadap listrik dan internet, biaya yang masih mahal dan jaminan kerahasiaan ( informasi strategis ) users yang belum ada .Second Life-3D virtual meeting , merupakan alternatif GDSS yang high technology.
“It’s a mistake to think of the virtual world as something abstract and separate.”

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hubungi kami : 0858 5917 0323 (wa), untuk rental webex, Rp. 200.000,-/2 jam, 25.000/jam tambahan, mudah-murah dan jelas memuaskan serta aman. sampai dengan 100 participant. Untuk rapat-rapat online anda, lintas operating sistem. Untuk Virtual Meeting Anda

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons